Rabu, 13 Januari 2010

Perbedaan WINDOWS XP, WINDOWS VISTA, WINDOWS 7

Bandingkanlah Windows XP,

Windows Vista, dan Windows 7

Sebelumnya, sudah pernah dibandingkan antara Win 7 dengan Win Vista, dan pemenangnya adalah Win 7. Tapi, masih ada pendahulu yang sampai berita ini diturunkan masih digemari hampir di seluruh penjuru dunia. Dia adalah Win XP. Para pengguna OS WIN pasti berpikir ingin "migrasi" ke Win 7 karena banyak gosip atau isu bahwa Win 7 adalah OS WIN yang bagus. Maka dari itu, diadakan tes performa, Win XP, Win Vista, dan Win 7. Siapa di antara ketiganya yang akan keluar sebagai pemenang, coba lihat tes di bawah ini.

Sebagai permulaan, tes ini dilakukan pada laptop Toshiba Satellite M45-S269 dengan spesifikasi 1.73-GHz dengan 1GB RAM dan sebuah hard drive 100GB. Karena berpindah dari XP akan menjadi pertanyaan bagi semua orang, pada tes ini digunakan Win XP Professional, dan Win Vista Professional. Semuanya menggunakan versi 32-bit dan semuanya dites setelah dilakukan format berulang kali.

Setelah itu, menginstall Microsoft Office 2007 Ultimate, Windows Live Essentials (Mail, Movie Maker, Photo Gallery, Messenger), dan Picasa 3.5. Ini dilakukan agar hasilnya akan lebih nyata jika dibandingkan dengan tes tanpa menggunakan aplikasi apapun. Kemudian tes dilakukan dengan cara mencoba menyala-matikan setiap OS, serta peformanya. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali dan dirata-ratakan hasilnya.

Start-up dan Shutdown

Hasil dari tes dasar ini sangat mengejutkan. Untuk perbandingan saat Start-up, dilakukan dengan cara menekan tombol power dan mematikan waktu ketika semua proses Start-up selesai. Untuk hal ini, Win XP adalah yang tercepat, tapi perlu diingat bahwa laptop yang digunakan dibuat pada jaman XP; mesin-mesin baru akan disesuaikan untuk Win 7. Tetapi, tujuan dari tes ini adalah apa yang dapat diperoleh dengan mengganti OS dengan Win 7.


Windows XP
Windows Vista
Windows 7
Waktu Start-up (dalam menit: detik)
0:49
1:07
1:03
Waktu Shutdown (dalam detik)
17
12.5
11.5
Membuat video dengan Picasa (dalam menit: detik)
5:36
6:02
5:41
Geekbench (Semakin tinggi lebih baik)
1,241
1,248
1,260
SunSpider (dalam milidetik, semakin kecil lebih baik)
3,170
2,647
1,828
PCMark05 (Semakin tinggi lebih baik
1,868
1,731
1,823


Win 7 menyamakan kedudukan dalam hal Waktu Shutdown, mengungguli XP dengan beda waktu 5.5 detik, atau sebesar 32%. Pada tes sebelumnya, Win 7 melewati jauh Vista pada Start-Up maupun Shutdown. Kritik utama untuk XP adalah waktu Shutdown yang lama, dan itu telah terbukti. Vista saja lebih cepat dari XP. Tentu saja, untuk waktu Start-Up, XP masih yang tercepat.


Perbandingan Windows XP vs Windows Vista vs Windows 7 menggunakan 512 MB

Seseorang bernama ed bott baru-baru ini diposting sekitar 6.000 MHz UMPC touchscreen dengan 512 MB menjalankan Windows 7 dengan baik, sehingga hal itu menunjukkan bahwa Windows 7 adalah benar-benar suatu langkah maju dalam hal kinerja pada sistem low end. Kabar gembira bagi Anda netbook pendukung di luar sana (aku bukan salah satu dari kalian, maaf!), Dan berita buruk bagi semua orang-orang fanatik Linux karena mereka punya persaingan sekarang. Hal yang menarik Ed pembandingan adalah bahwa dia menggunakan edisi x64 dari Windows 7 Beta, versi x86 Windows Vista dan tidak tahu mana yang versi Windows XP. Untuk menjaga itu adil, ia diperbarui semua sistem operasi dengan kritis dan merekomendasikan update yang tersedia untuk mereka. Tidak ada perangkat lunak pihak ketiga yang diinstal terpisah dari Firefox di Windows XP. Semua sistem operasi ini sedang menguji dalam mesin virtual. Berikut adalah memori dan penggunaan disk hasil:

XP Vista 7 Comparison Berikut adalah grafik dengan angka dinormalkan dengan XP = 100:

Windows 7 uses less RAM and disk space than Vista Meskipun perbandingan antara x64 dan x86 versi sistem operasi yang berbeda tidak adil, ia tidak menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana perbaikan yang telah dibuat dari Vista ke 7, dan berapa banyak sumber daya Vista babi. Aku tidak akan mengambil angka-angka ini sebagai patokan akhir, karena hanya Beta, yang Microsoft sendiri berkecil hati pengguna untuk patokan. Kita bisa berharap angka ini untuk hanya memperbaiki jika Microsoft tongkat kepada rencana permainan dengan Windows 7. interesting times ahead. menarik kali depan.


Berikut ini adalah perbedaan mendasar WINDOWS 7 dengan versi-versi sebelumnya:

1. GADGET
Di WINDOWS 7, hampir mirip seperti VISTA, untuk memunculkan gadget harus melakukannya secara manual. Yaitu dengan klik kanan desktop dan pilih Gadgets. pilih gadget yang diinginkan, dan gadget akan muncul di sebelah kanan desktop. Misalnya saja jam, kalender, slide show foto, dan lain sebagainya.

2. Display Settings
Di WINDOWS 7 ada fitur ORIENTATION yang bisa memutar-mutar layar menjadi portrait atau landscape. Bahkan jika kompi anda mendukung, akan muncul opsi koneksi ke proyektor. Seperti computer yang display VGA ne memakai intel. Jadi layar atau tampilan bisa di putar - putar

3. Windows Experience Index ( WEI )
WEI memang terus meningkat sesuai dengan perkembangan hardware ke depan.Di WINDOWS 7 saja,range nilai WEI ditingkatkan menjadi 1.0-7.9. Bukan tidak mungkin jika di versi berikutnya, range nilai WEI menjadi lebih besar.

4. Calculator
Jika di Windows sebelumnya calculator hanya ada 2 mode yaitu biasa atau scientific, tetapi di WINDOWS 7, ada dua tambahan mode lagi, yaitu programmer dan statistic. Bahkan disediakan template untuk perhitungan konsumsi bahan bakar, dan pinjaman.

5. Interface Ribbon
Kalo sudah make OFFICE 2007 pasti sudah ga asing lagy dengan fasilitas ribbon. Di WINDOWS 7, ribbon juga dihadirkan pada kedua aplikasi standar, Paint dan Wordpad. Khusus untuk Wordpad, sekilas tampilannya mirip dengan Word 2007. Sangat berbeda sekali dari Wordpad versi-versi sebelumnya.

6. PowerShell
PowerShell adalah Command Prompt yang bener dirombak abis, jadi kita terbebas dari batch script yang dimiliki DOS. PowerShell di WINDOWS 7 sudah terintegrasi langsung, jadi kita tidak harus mendownloadnya terlebih dahulu seperti pada versi-versi windows sebelumnya.PowerShell tersedia dalam dua jenis, yaitu Windows PowerShell V2 ISE ( Integrated Scripting Environment ) dan Windows PowerShell V2. Bedanya, pada PowerShell V2 ISE disertakan GUI dan menyediakan debugger, syntax highlight , dan fiutr tab

8. Koneksi Wireless yang Lebih Mudah
Koneksi wireless di Windows 7 cukup dilkakukan dengan satu kali klik saja, karena sudah tersedia ikon koneksi yang simpel dan efektif.

9. HomeGroup
HomeGroup adalah teknologi untuk sharing di jaringan, dan menyediakan tiga fungsi dasar. pertama, HomeGroup akan mengidentifikasi dan menghubungkan diri dengan lainnya pada home network. kedua, HomeGroup mengizinkan kita untuk memutuskan apa yang akan disharing dengan user lain. ketiga, HomeGroup mengizinkan kita untuk melihat dan mengakses resource yang disharing oleh PC lain di dalam HomeGroup. HomeGroup juga menyediakan password bagi PC lain yang akan bergabung di dalamnya. Password tersebut dihasilkan secara otomatis oleh Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar