Rabu, 13 Januari 2010

koneksi2 buah PC komputer

Berikut ini adalah 3 cara mengkoneksikan 2 buah komputer atau laptop

1. CARA MENGKONEKSIKAN DUA BUAH LAPTO[/KOMPUER DENGAN WIRELESS ( PEER TO PEER CONNECTION)

Terkadang kita ingin saling tukar-menukar data dari komputer1 ke komputer/laptop yang lain, masalahnya kalau kita ingin menggunakan flash disk, data yang ingin ditukar terlalu besar, dan bila ingin menggunakan jaringan berbasis kabel tapi lupa atau tidak sempat mempersiapkan kabel-kabel lan atau alat-alat untuk membuat jaringannya. Mungkin langkah berikut bisa membantu anda untuk mengatasi masalah di atas. Silahkan ikuti lagkah-langkah berikut.


Yang Perlu Disiapkan:
- 2 buah laptop/komputer yang memiliki perangkat wireless

Langkah Pertama:

1. Lakukan pada komputer/laptop yang pertama

2. Aktifkan terlebih dahulu wireless anda pada posisi on, sehingga muncul icon pada pojok kanan bawah pada windows

3. Buka Network Conections anda





4. Klick kanan pada Wireless Network Connection, pilih Properties

5. Sehingga muncul Wireless Network Connection Properties

6. Klick Wireless Networks pada bagian atas

7. Klick Advanced

8. Sehingga Muncul 3 pilihan, pilih computer-to-computer (ad hoc) networks only

9. Klick Close

10. Masih di Wireless Network, Klick Add

11. Pada Network name (SSID): , masukkan sebuah nama, contoh : comp1

12. klick OK

13. Silahkan menyetting komputer ke-2 (lihat bagian Langkah Kedua)



Langkah Kedua:

"Lakukan pada komputer/laptop kedua"

1. Buka Network Connections anda

2. Klick kanan Wireless Network Connection, pilih Properties

3. Klick Wireless Network, pada bagian di atas

4. Pada Available networks: , muncul nama network yang sudah diedit komputer pertama sebelumnya

5. Beri tanda chek list pada Use windows to configure my wireless network settings

6. Klick OK

7. Komputer/laptop anda sudah saling berhubungan



2. Menghubungkan 2 buah PC Berbeda,.
yang satu komputer SO XP2 dan komputer SO VISTA


Terdapat 3 Hardware untuk Jaringan komputer yaitu:
1. Pci Lan Card (lan card/kartu jaringan) ada banyak macam dan bentuknya dan kebanyakan untuk semua motherboard baru udah onboard, apa bedanya sama yang PCI kata orang2 yg kebanyakan ilmu katanya lebih stabil tapi kalo buat aku yag ilmunya otodidak gua rasa si sama aja lah. Yg penting fungsinya untuk nancepin kabel lan dan bisa connect ke hub atau pc dalam jaringan tersebut.
2. Kabel BELDEN, ini kabelnya untuk buat jaringan ati2 ada 2 macem ada yg original buatan us dan ada yg no 2 buatan Taiwan. Agak beda dikit yg original lebih bagus ngantar datanya kalo yg Taiwan agak lambat tapi bisa juga dipake
3. Conector RJ 45. Ini conector buat masukin kabel yang nantinya akan kita tancepkan ke PCI lan Card.

dan juga 2 metode pembuatan kabel untuk jaringan

1. Untuk 2 komputer (peer to peer) biasanya cross (disilang) metode pembuatannya menggunakan rumus ini 1-3, 2-6. Jadi untuk membuatnya pada ujung 1 susunan kabel standarnya adalah 1 putih oranqe , 2 orange, 3 putih hijau, 4 biru, 5 putih biru, 6 hijau, 7 putih coklat, 8 coklat. Dan untuk ujung conector yg disebelahnya kita gunakan susunan kabel 1. Putih hijau, 2 hijau, 3 putih orange, 4 biru, 5 putih biru, 6 orange, 7 putih coklat, 8 coklat.
2. Untuk 3 komputer atau menggunakan hub lebih dari 2 komputer ini susunanya straight (lurus) jadi kedua ujungnya susunan kabelnya sama aja 1 putih oranqe , 2 orange, 3 putih hijau, 4 biru, 5 putih biru, 6 hijau, 7 putih coklat, 8 coklat.

Nah sekarang tinggal connectingnya aja caranya adalah lewat tcp ip kita buka control panel cari network & internet conection aka nada hardware lan disitu nah kita klik kanan lalu properties akan muncul pilihan pilih tcp ip. Lalu tekan properties lagi kita akan diminta otamatic ip adres atau manual kalo manual kita tulis ada seperti ini contoh untuk 2 komputer. Computer 1 ip adressnya adalah seperti ini 192.168.1.1 dan subnet masknya adalah 255.255.255.0 sedangkan computer 2 untuk ip adressnya diganti aja digit paling terakhirnya jadi 192.168.1.2 dan subnet masknya sama aja 255.255.255.0

Itu untuk jaringan local. Kalo untuk jaringan internet maka kita harus pasang dulu 1 komputer yang tersambung internet kemudian lewat start kita cari program run. Setalah itu muncul kolom tulis dikolom itu cmd tekan enter akan muncul perintah dos dan di situ kita tulis ipconfig /all nanti akan terlihat semua nya dari ip address, subnet mask, default getway dan dns server kita tinggal catat dan masukin nomornya itu ke computer satu lagi yang diganti hanya digit terakhir dari ip address sama kaya buat jaringan local kalo yang subnet mask, default getway dan dns servernya tingal disamakan aja dengan apa yang muncul. Setelah itu restart computer kedua dan pasti computer itu udah connect d dengan internet.

3. koneksi 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross

Seorang gila jaringan mungkin ada yang sampai hati untuk membawa-bawa kabel utp jenis crossing lengkap dengan laptop dalam tas gendongnya setiap saat. Biasanya hal ini terjadi karena orang gila jaringan tersebut selalu ingin melakukan pekerjaan di berbagai tempat dengan 2 PC sekaligus. :). Walaupun pada saat sekarang ada sebuah alat yang tidak repot dan tidak dapat digunakan untuk membelitkan leher. :D. Yakni USB Wlan. Namun ada kondisi yang tidak memungkinkan untuk dapat menggunakan usb wlan, seperti kondisi ekonomi kantong tipis orang gila jaringan tersebut, walaupun hanya mengeluarkan beberapa lembar uang kertas untuk membelinya, tapi tetap saja ini adalah inti permasalahannya, dan berbagai kendala lainnya. :D


Dari situlah tutorial ini berawal, sebelum dapat mengkoneksikan 2 PC menggunakan kabel crossing ada beberapa hal yang dibutuhkan diantaranya :
- Tang kerimping
- 2 buah RG 45
- Kabel UTP 5e dengan panjang secukupnya, sesuai dengan selera anda
- 2 buah PC yang akan dikoneksikan.


Pertama lepaskan shield kabel ( pelindung kabel biasanya bewarna abu -abu ) beberapa centimeter ( 2 cm), dengan memotong shield tersebut menggunakan tang kerimping, kemudian lurus-luruskan kabel-kabel yang berwarna-warni tersebut, kemudian urutkan kabel berdasarkan pewarnaannya di salah satu ujung kabel UTP tersebut. Urutannya adalah sebagai berikut :

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross


Ini adalah urutan kabel straight, sehingga untuk ujung kabel yang lain urutan pewarnaan kabel tersebut harus berbeda dengan urutan ujung kabel straight ini, inilah yang dinamakan dengan kabel cross, urutan ujung kabel cross adalah seperti ini :

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross


Sehingga di kedua ujung kabel tersebut memiliki urutan warna yang berbeda satu sama lainnya.

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross


urutan lengkapnya seperti ini …

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross


Nah dari sini anda siap mengkoneksikan 2 PC tersebut.
Di windows untuk melakukan koneksi 2 PC sama halnya dengan mengkoneksikan PC dengan topologi jaringan yang sering ditemui, biasanya topologi jaringan itu adalah star di mana di pertengahannya biasa ditemui menggunakan hub ataupun switch. Hal yang harus dilakukan untuk mengkoneksikan kedua PC di windows adalah sebagai berikut :


PC Pertama
Masukkan ke network connection di control panel :
Start menu | run | control panel


Setelah itu masuk ke bagian Network Connections
Kemudian pilih Local Area Network Connection

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross



Klik kanan Local Area Network Connection, pilih properties

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross



Di kotak dialog Local Area Network Connection Properties, di bagian tab General pilih Internet Protocol ( TCP/IP ) Kemudian Klik Properties

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross



Setelah itu masukkan IP Addressnya 192.168.1.2, kemudian Netmasknya 255.255.255.0

Menghubungkan 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel Cross



Setelah itu klik button OK, kemudian Close

Nah untuk PC yang kedua tahapnya sama saja dengan yang diatas namun Alamat IP Addressnya berbeda dengan PC yang sebelumnya, anda dapat mengisinya dengan 192.168.1.1 atau dengan IP 192.168.1.x yang lain, terserah anda. Dengan catatan netmasknya harus sama dengan pc yang sebelumnya yakni 255.255.255.0

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi network setup wizard untuk kedua PC tersebut, agar keduanya dapat saling terhubung sebagai satu workgroup.

Setelah selesai, lakukan ping dari salah satu PC tersebut ke PC lainnya... Jika tampilannya seperti ini maka PC anda telah terhubung satu sama lainnya.

C:\Documents and Settings\Al-k>ping 192.168.1.1

Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data:

Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms ttl="128" bytes="32" ttl="128" bytes="32" ttl="128" bytes="32" ttl="128" sent =" 4," received =" 4," lost =" 0" minimum =" 0ms," maximum =" 0ms," average =" 0ms">

Selamat mencoba semoga berhasil!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar